SANG FAJAR TEMPAT BERKREASI TANPA HENTI

Rabu, 08 Maret 2017

EMANSIPASI WANITA



Gerakan emansipasi berawal dari akibat rasa frustasi dan dendam terhadap sejarah kehidupan barat yang tidak mendukung kaum perempuan. supremasi masyarakat yang feodal pada abad 18 di eropa dan dominasi filsafat dan teologi gereja yang cenderung melecehkan kaum wanita, dengan adanya hal tersebut yang menyebabkan kemarahan kaum wanita untuk menyuarakan gagasan tentang emansipasi wanita. tuntutan persamaan, kebebasan dan pemberdayaan hak hak perempuan terus di suarakan seiring dengan semangat pemberontakan terhadap dominasi dan kekuasaan gereja.
dalam pandangan agama islam wanita sangat di muliakan itu sudah jelas baik sebagai orang tua, anak ataupun saudara.sedangkan di Indonesia sendiri ada R.A Kartini dia adalah seorang pahlawan wanita yang berjuang untuk kebebasan wanita untuk mendapatkan pendidikan dan perkerjaan yang sama seperti halnya kaum pria.









menurut saya sendiri mansipasi wanita adalah menyetarakan derajat wanita dengan pria seperti halnya pendidikan kerja dll. Dengan adanya emansipasi wanita ini bukan berarti si pria mengalah karena wanita karena beberapa pria berfikiran adanya emansipasi ini berarti waktunya seorang pria berhenti berkerja dan berubah menjadi bapak rumah tangga misalnya, bukan begitu maksud adanya emansipasi wanita. maksud adanya emansipasi wanita menurut saya adalah memberikan hak - hak wanita kepadanya tanpa mengurangi kewajibannya dan junga menghilangkan kewajiban si pria.contoh saja wanita berhak berkerja di luar rumah setalah itu bukan berarti si wanita melepas tanggung jawab atas pengasuhan anaknya dan juga membuat si pria berhenti berkerja meskipun penghasilannya lebih besar dari pada si pria. emansipasi wanita di jaman yang sudah modern ini sering di salah artikan seperti itu bagi beberapa orang. menurut saya pola pemikiran seperti itu seperti pola pemikiran orang hindu dulu yang menyuruh wanita berkerja tetapi sang pria hanya bermain ayam (sabung ayam). pola pemikiran yang salah seperti ini tidak boleh di terruskan karena akan berdampak buruk di kemudian hari.


semoga bermanfaat dari postingan saya kali ini terimakasih. :)



Share:

0 komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN TINGGALKAN KOMENTAR ANDA

SANG FAJAR

Pengikut

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *